Senin, 04 Januari 2010

Pengaruh siswa terhadap koperasi sekolah

Pengaruh Partisipasi Siswa di Koperasi Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa
Koperasi sekolah adalah koperasi yang anggotanya para siswa atau murid-murid dari suatu sekolah, yang fungsinya sebagai wadah untuk mendidik tumbuhnya kesadaran berkoperasi di kalangan anggota. Tujuan pendirian koperasi sekolah adalah sebagai berikut : (1) mendidik menanamkan dan memelihara suatu kesadaran hidup gotong royong dan setia kawan serta jiwa demokrasi di atara para siswa, (2) memupuk dan mendorong tumbuhnya kesadaran serta semangat berkoperasi serta wirausaha siswa, (3) meningkatkan pengetahuan dan keterampilan berkoperasi yang berguna bagi para siswa untuk bekal terjun ke masyarakat, (4) menunjang program pembangunan pemerintah di sektor perkoperasianmelalui progran pendidikan sekolah, (5) membantu dan melayani pemenuhan kebutuhan ekonomi para siswa melalui pengembangan pelbagai kegiatan usaha.
Supaya koperasi dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, dapat disarankan: (1) Kepala Sekolah hendaknya memberikan dukungan bagi perkembangan koperasi sekolah dengan sering mengikutsertakan koperasi sekolah dalam ajang perlombaan antar koperasi sekolah, baik dalam wilayah daerah, maupun nasional, sehingga koperasi sekolah dapat berkembang lebih pesat dan menjadi laboratorium yang baik bagi siswa. (2) Bagi guru mata pelajaran ekonomi sebaiknya menggunakan koperasi sekolah sebagai wadah atau fasilitas belajar yang dapat digunakan siswa untuk memudahkan dalam proses belajar mengajar ekonomi. Menggunakan koperasi sekolah sebagai laboratorium bagi siswa untuk mengenal ekonomi secara lebih dekat dan meneliti perilaku ekonomi secara lebih nyata. (3) Bagi pengurus koperasi sekolah : Meningkatkan profesionalisme sebagai pengurus koperasi sekolah dengan banyak belajar dan meminta bimbingan dan arahan pada guru pembina koperasi sekolah. (4) Bagi siswa : Meningkatkan keaktifan siswa di koperasi sekolah dengan ikut serta mengembangkan koperasi sekolah ke arah yang lebih baik lagi guna menunjang peningkatan prestasi belajar siswa pada umumnya.
Jadi semua aspek dalam koperasi sekolah itu sangat mendukung dalam berkembangnya koperasi sekolah. Jadi partisipasi dari semua pihak yang berada dalam lingkup dimana koperasi itu berada sangat berpengaruh untuk kemajuan koperasi yang ada di lingkungan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar