Sabtu, 05 Desember 2009

Apakah koperasi dapat memberikan kontribusi yang besar bagi perekonomian indonesia???

Apakah koperasi di Indonesia dapat memberikaqn kontribusi yang besar bagi perekonomian Indonesia???
Banyak yang berasumsi bahwa keberadaan koperasi di Indonesia tidaklah berpengaruh bagi perekonomian indonesi tetapi tidak sedikit pula yang beranggapan sebaliknya.Tetapi menurut saya keberadaaan koperasi akan sangat membantu perekonomian di Indonesia apabila sektor-sektor yang ada dalam koperasi dapat berjalan sebagaimana mestinya.
Dalam hal ini pemerintah juga turut berperan dalam pembangunan koperasi. Tetapi pemerintah bukan berarti turut campur tangan dalam urusan intern koperasi, kebebasan gerak koperasi terjamin sesuai dengan demokrasi ekonomi, pemerintah hanya memberikan dorongan dan bantuan sebagaimana layaknya. Oleh karena itu keberhasilan koperasi di Indonesia ditentukan oleh koperasi itu sendiri. Koperasi harus menyadari bahwa setiap gerak langkahnya adalah untuk mengemban amanat dari masyarakat dan anggotanya sehingga koperasi tidak boleh menyimpang dari pancasila dan UUD1945.
Pengembangan koperasi salah satunya dengan mengembangkan usaha kecil dan menengah (UKM) yang diarahkan untuk memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, pencpitaan lapangan kerja, dan peningkatan daya saing. Sedangkan pengembangan usaha mikro lebih diarahkan untuk meemberikan komntribusi dalam peningkatan pendapatan pada kelompok mayarakat berpendapatan rendah.
Memperkuat kelembagaan dengan menetapkan prinsip-prinsip tata kepemerintahan yang baik (good governance) dan berwawasan gender terutama untuk: memperluas basis dan kesempatan berusaha serta menumbuhkan wirausaha baru keunggulan untuk mendorong pertumbuhan, peningkatan ekspor dan penciptaan lapangan kerja terutama dengan: mengembangkan UMKM untuk makin berperan sebagai penyedia barang dan jasa pada pasar domestik yang semakin berdya saing dengan dengan produk impor, khususnya untuk memenuhi kebutuhan masayrakat banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar